“Strategi Belajar Mengajar” Karya Drs. Shobri. A, M.Ag

Semangat literasi yang dibangkitkan oleh salah satu Dosen STAI Ma’arif Jambi untuk selalu meningkatkan kualitas mutu proses pembelajaran dalam perkuliahan dengan buku yang beliau tulis dengan judul “Strategi Belajar Mengajar” Drs. Shobri. A, M.Ag diterbitkan oleh Pustaka Ma’arif Press dengan Penyunting Dr. Sumarto. Menjadi salah satu sumber referensi bagi civitas akademika dan bermanfaat bagi masyarakat umum.
Deskripsi Buku:
Kajian dalam buku ini fokus kepada strategi belajar dan mengajar yang dilakukan oleh guru untuk mencapai tujuan pendidikan. Guru memegang peran penting yang menentukan dalam penyelenggaraan pembelajaran berkualitas. Guru harus mampu bertindak sebagai perancang (desainer) sekaligus pelaksana proses pembelajaran. Sebagai perancang pembelajaran, guru perlu memiliki penguasaan yang baik atas prinsip-prinsip perancang pembelajaran. Karena pembelajaran adalah merupakan sistem, maka perancang pembelajaran seharusnya dilakukan secara sistemik (menggunakan pendekatan sistem). Dalam kerangka merancang pembelajaran inilah, maka pemilih strategi pembelajaran harus mendapatkan perhatian secara seksama untuk menciptakan pengelolaan proses belajar mengajar yang efektif.
Maka dalam proses belajar-mengajar, guru harus memiliki strategi, agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien, mengenai pada tujuan yang diharapkan. Salah satu lagkah untuk memiliki strategi itu ialah harus menguasai teknik-teknik pengajaran, atau biasanya disebut metode mengajar. Seperti Model Hackbarth menampilkan 18 langkah. Empat yang pertama adalah : (1) Menggambarkan apa yang ingin diketahui siswa atau menetapkan tujuan pembelajaran, (2) Menaksir hal-hal yang sudah dikuasai siswa, (3) merancang tes prestasi belajar, dan (4) Mengidentifikasikan strategi pembelajaran yang efektif.
Dasar-dasar konseptual pengembangan strategi pembelajaran harus dikuasai secara baik oleh para guru agar setiap pilihan yang dijatuhkan mempunyai pijakan yang kuat yang berorientasi pada pencapaian hasil pembelajaran yang berkualitas. Berdasarkan modal perancang pembelajaran tersebut, pengembangan strategi pembelajaran harus mengacu pada tujuan pembelajaran sekaligus juga mempertimbangkan kondisi peserta didik. Dengan pemahaman seperti itu, berarti keefektifan setiap strategi pembelajaran sangat ditentukan oleh ketepatan pemilihan strategi dikaitkan dengan keunikan dari masing-masing tujuan pembelajaran dan kondisi siswa. Ini berarti bahwa tidak ada metode atau strategi yang efektif untuk semua jenis tujuan pembelajaran dan semua kondisi siswa.
Di samping kedua hal tersebut, pemilihan strategi pembelajaran juga tergantung pada teori belajar dan pembelajaran yang dijadikan dasar pijakan dalam melakulan pilihan strategi. Berhubung teori belajar dan pembelajaran secara terus menerus mengalami perkembangan, maka pengembangan atau pemilihan strategi pembelajaran harus pula mengikuti perubahan-perubahan menyangkut teori-teori belajar dan pembelajaran yang terus berkembang tersebut.
Dalam memilih strategi pembelajaran, seorang guru harus mampu memberikan bantuan kepada siswa dalam belajar. Pemahaman bahwa mengajar adalah membantu siswa dalam belajar berarti memandang mengajar merupakan kegiatan yang bertumpu pada peserta didik. Merekalah yang mempunyai tanggung jawab atas kegiatan belajarnya termasuk materi yang dipelajari. Tujuan guru adalah sebagai motivator tumbuhnya minat peserta didik. Tugas pengajar adalah membantu proses belajar pada diri peserta didik baik dengan menyediakan materi maupun dalam memberikan bimbingan mengenai hal-hal yang bersifat konseptual. Lebih lanjut akan dibahas dalam buku ini.
Semoga buku ini dapat menjadi salah satu dari banyaknya buku yang mengkaji tentang Strategi Belajar, sumber informasi dan pendalaman kembali keilmuan kita sebagai seorang ilmuan yang tidak pernah bosan, yang tidak pernah lelah, yang selalu memompa semangatnya dan motivasinya untuk mencintai ilmu pengetahuan dengan harapan dapat mewujudkan proses pembelajaran dengan baik.
Code Barcode ISBN
CODE BARCODE ISBN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *