MAHASISWA DAN MASYARAKAT

Kegiatan perpisahan KUKERTA sudah berlangsung di setiap posko, dominan lokasi Kukerta di Kabupaten Muaro Jambi, seperti di daerah Desa Tangkit Lama, Niaso, Sungai Gelam, daerah Pal 10 sampai ke daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, daerah Sabak. (24/04/2018).

Kegiatan Kukerta dengan Tema transformasi sosial di masyarakat tidak hanya sekedar tema tetapi menjadi tujuan dari setiap program Kerja yang dilakukan oleh para mahasiswa STAI Ma’arif Jambi. Program kerja yang berdasarkan kebutuhan masyarakat mulai aspek agama, pendidikan, sosial budaya dan ekonomi. Mahasiswa STAI Ma’arif Jambi bukanlah sekedar team event organizer yang selalu membuat kegiatan kegiatan di masyarakat mulai dari acara PHBI, Gotong Royong, Olahraga Bersama, Lomba tetapi harus lebih dari hal tersebut karena mahasiswa adalah agent dari Perguruan Tinggi yang memiliki tanggung jawab dan komitmen untuk melakukan perubahan dengan Ilmu, pengalaman dan kreatiitas yang dimiliki.

Prinsip prinsip transformasi sosial sudah menjadi bahagian besar dari program yang dijalankan oleh mahasiswa STAI Ma’arif Jambi, mulai dari mengetahui problematika masyarakat dengan pendekatan silaturahim dan sosialisasi yang dilakukan, kemudian memahami apa yang harus dilakukan untuk membantu masyarakat dengan prinsip memberikan akses bukan memberikan plus, karena masyarakat lebih memahami kondisi nya sendiri tetapi masih belum memiliki semangat dan jalan untuk melakukan perubahan hidup.

Sampai kepada prinsip to Action dan to refleksi, bahwa semua yang sudah di ketahui dan si pahami harus dilakukan dengan tindakan perubahan yang tepat, terevaluasi dengan bai dan di renungkan sebagai bentuk bahwa kita mahasiswa dan masyarakat saling membutuhkan untuk perubahan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *