Hikmah Pagi: Do’a Rasulullah Menyambut Ramadlan

Hikmah Pagi: Do’a Rasulullah Menyambut Ramadlan

Sengaja Hikmah Pagi ini dibuat sore hari agar kita tidak lupa untuk berdo’a memasuki pergantian bulan hijriyyah petang ini yang sudah memasuki 1 ramadlan, malam ini tak terasa sudah mulai shalat tarawih yang perdana, ketika masuk bulan ramadhan Rasulullah mengatakan ada yang menyeruh dari atas langit mengatakan,

يا باغي الخير أقبل، ويا باغي الشر أقصر، كفاك ما ارتكبتَ في رجب فلم تتب، وما اقترفتَ في شعبان فلم تُقلع، فهذا رمضان فاتَّق الله.

Wahai para pencari kebaikan, sambutlah! Dan wahai pencari keburukan, cukuplah! Cukup kamu melakukan dosa dan kesalahan di bulan rajab dan kamu tidak bertaubat, di bulan sya’ban pun engkau masih melakukan kemaksiatan dan tidak menyesalinya, dan sekarang tiba Ramadlan maka takutlah kepada Allah.

Dan kebiasaan Rasulullah ketika masuk bulan ramadhan beliau menghadapkan kepala ke langit seraya berdo’a,

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيْمَانِ، وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلامِ، وَالْعَافِيَةِ الْمُجَلَّلَةِ وَالرِّزْقِ الْحَسَنِ، وَدِفَاعِ الأَسْقَامِ، وَالْعَوْنِ عَلَى الصَّلاةِ وَالصِّيَامِ وَالْقِيَامِ وَتِلاوَةِ الْقُرْآنِ، اللَّهُمَّ سَلِّمْنَا لِرَمَضَانَ، وَسَلِّمْهُ مِنَّا، حَتَّى يَنْقَضِي وَقَدْ غَفَرْتَ لَنَا، وَرَحِمْتَنَا وَعَفَوْتَ عَنَّا.

Ya Allah karuniailah bagi orang-orang yang berpuasa begitu juga kami (yang ingin menjalankan ibadah puasa) dengan rasa tentram dan aman, penuh dengan kekuatan iman, diberikan keselamatan, keislaman (kekuatan melaksanakan ragam ibadah di bulan ramadlan), kesehatan, rizeki yang baik, di jauhkan dari segala macam penyakit, dan anugerahkan kami pertolongan agar kami dapat menunaikan shalat, puasa pada siang harinya dan beribadah pada malam harinya dan juga kami dapat kontinyu membaca Al-Qur’an. Ya Allah, antarkanlah kami hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepada kami sampai penghujung, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf dan Maha Pengampun akan kealpaan dan dosa-dosa kami, karuniailah kami akan Rahmat-Mu dan ampunan-Mu. (H.R. Imam ad-Dailamy dan Ibn as-Saakir Lihat: Jami’ as-Shahih, Imam as-Suyuthi, Jilid: 31/314).

Semoga puasa kita berkah dan maksimal sehingga senantiasa mendapatkan ridlo dari Allah Aamien Allahumma Aamien. Al-Faqir Ila Allah, ZA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *