Transformasional Kepemimpinan Kepala Madrasah

Suatu kajian yang menarik dalam dunia pendidikan era ini adalah adanya ide gagasan yang mewujudkan perubahan tentunya yang selalu dinanti masyarakat perubahan hidup yang lebih baik, aspek pendidikan, sosial, budaya dan ekonomi. Formulasi Transformasional harus dilakukan dengan tepat daya dan sasaran seperti halnya penyelenggaraan pendidikan di Madrasah.

Madrasah bukan lagi hal yang dianggap agamais-statis tetapi agamis-transformatif. Bahwa madrasah banyak memberikan manfaat dengan sistem integratif kurikulum mata pelajaran agama dan mata pelajaran umum ditambah lagi adanya kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang di ikuti oleh para siswa sehingga lebih menambah struktur ke-insan-an yang lebih cerdas-relegius.

Dibutuhkan peran besar dari kepala madrasah untuk mewujudkan transformasi sebagaimana yang diharapkan warga madrasah dan masyarakat umum diantara upaya yang dilakukan dengan formulasi INSAN: IMAN sebagai dasar perubahan. NORMA sebagai peraturan yang harus dipatuhi.

SEDERHANA sebagai konsep ke-sahaja-an dalam hidup. AKTUAL sebagai insan yang update terhadap informasi kekinian. NYAMAN adalah damai, kebahagian yang merupakan pencapaian yang diharapakan setiap insan dalam transformasi yang dilakukan. Madrasah adalah transformasi “INSAN” yang digerakkan kepala Madrasah sebagi sentral dan lokomotif perubahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *