Hikmah Pagi: Meninggalkan Sesuatu Karena Allah Akan Diganti Dengan Yang Lebih Baik

Hikmah Pagi: Meninggalkan Sesuatu Karena Allah Akan Diganti Dengan Yang Lebih Baik

Meninggalkan sesuatu yang bersifat negatif, memang berat apalagi itu bagian dari kebiasaan. Ia butuh proses terkadang tak sedikit pengorbanan yang harus ia lakukan. Namun Rasulullah memberikan kabar gembira melalui salah seorang penduduk Badui (pedalaman) yang berkata, Rasulullah mengambil tanganku kemudian beliau bersabda,

إِنَّكَ لَنْ تَدَعَ شَيْئًا اتِّقَاءَ اللَّهِ إِلاَّ أَبْدَلَكَ اللَّهُ بِهِ مَا هُوَ خَيْرٌ مِنْه

Sesungguh tidaklah engkau meninggalkan sesuatu dalam rangka bertaqwa kepada Allah kecuali Allah akan menggantinya (memberimu) dengan sesuatu yang lebih baik dari itu (dari yang ditinggalkan karena Allah). (HR. Imam Ahmad musnadnya, Jilid: 5/78).

– Siapa yang menhindari pergi ke tukang sihir (dukun), Allah akan berikan kesabaran, ketawakkalan yang kuat dan tauhid yang benar.
– Barangsiapa yang hanya takut kepada Allah tidak kepada yang lain, maka Allah akan selamatkan ia dari kegalauan, dan Allah akan berikan ketentraman dan kenyamanan dalam hatinya.
– Barangsiapa meninggalkan memandang dari yang diharamkan, Allah akan berikan kenikmatan yang akan ia temukan dalam hatinya.
– Barang siapa meninggalkan tempat tidurnya untuk ibadah atau belajar ilmu-ilmu Allah, Allah akan ganti dengan kebahagiaan dan semangat serta keistiqomaan.
– Barangsiapa yang meninggalkan teman yang tidak baik (yang senantisa mengajak kepada kemaksiatan) ia mengira akan habis temannya, dan hilang kebahagiannya. Maka Allah akan ganti dengan teman yang lebih baik, akan ditemukan kesenangan, sisi positif yang banyak dan akan menjadi saksi di akhirat kelak.
– Siapa yang meninggalkan ingin dikenal luas dan selalu eksis. Allah akan ganti dengan mengangkat derajatnya dan tebar kemuliaannya.
– Siapa yang meninggalkan su’u-dzon (negatif thinking), Allah akan selamatkan dari rusaknya pemikiran yang negatif dan Allah akan berikan kecintaan.

Semoga Allah senantiasa ridlo terhadap kita dan senantiasa mendapatkan keberkahan di dunia maupun di akhirat Aamien Allahumma Aamien. Al-Faqir Ila Allah, ZA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *