Memulai amalan dari hal sederhana

Memulai amalan dari hal sederhana

Kebaikan yang tidak nampak boleh jadi bisa menghantarkan seseorang kepada ridlo dan surganya Allah, maka memulai dari hal yang kecil tapi istiqomah itu lebih baik dari pada besar hanya sekali. Salah seorang sholeh mengatakan, ada empat hal yang bisa membuat seseorang dibangunkan surga;

(1). Syahadat (artinya keimanan), (2). Jika dirinya diselimuti dosa berusaha untuk memperbanyak istighfar, (3). Jika ia mendapatkan kenikmatan lisannya tidak pernah kering mengucapkan “alhamdulillah”, (4). Jika ia mendapatkan ujian atau musibah ia kembalikan kepada Allah seraya berkata “Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rooji’un”.

Salah seorang ulama mengatakan, suatu waktu saya melihat seorang tukang sapu di jalan beliau tidak berhenti mengulang-ngulang dzikir; “Alhamdulillah ……. Astaghfirullah”. Sampai saya bertanya kepadanya, apa tidak ada yang lain! Sampean belum pernah diajari dzikir yang lain? Maka beliau tukang sapu tadi menjawab, Demi Allah saya hafal al-Qur’an seluruhnya (30 Juz) dan ini yang membuat tenang hidupku. Karena kami jumpai banyak manusia diuji dengan kenikmatan dan dosa. Maka saya senantiasa mengucapkan Alhamdulillah atas nikmat yang Allah berikan, dan Astaghfirullah atas dosa yang saya lakukan.

Semoga Allah menjaga kita dan kita bisa senantiasa istiqomah mengingat-Nya Aamien Allahumma Aamien. Al-Faqir Ila Allah, ZA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *