Menteri Agama RI Launching ARKAN 2018-2028 STAI Ma’arif Jambi Partisipatif

Kegiatan Annual Conference Proposal Riset ACRP yang digelar Diktis Kemenag RI mulai tanggal 18 – 19 Juli 2018 di Hotel Aston Bogor di buka langsung oleh Menteri Agama RI H. Lukman Hakim Syaifuddin dan Soft Launching ARKAN Agenda Riset Keagamaan Nasional 2018 – 2028.

Menteri Agama RI berpesan melalui kata sambutan yang di sampaikan yaitu 1. Agenda Riset Keagamaan Nasional dengan visi Indonesia menjadi pusat destinasi studi Islam dan pluralisme yang unggul di dunia dengan mengintegrasikan berbagai aspek keilmuan agama dan sains harus berorientasi pada kebermanfaatan bagi PTKI, Kementerian Agama dan masyarakat umum. 2. Kegiatan penelitian jangan hanya sekedar pengumpulan data tetapi harus memiliki impact pengaruh bagi perubahan sosial. 3. Relevansi tema tema penelitian harus sesuai dengan kebutuhan dan situasi kondisi masyarakat. 4. Hasil penelitian harus bisa menjadi referensi dalam menentukan setiap kebijakan, sehingga dapat memberikan perubahan nyata terhadap situasi kondisi yang terjadi.

ACRP di Hadiri sekitar 900 peneliti dari seluruh Perguruan tinggi keagamaan Islam di Indonesia PTKIN dan PTKIS yang akan menyampaikan ide gagasan tentang konsep riset berdasarkan kebutuhan masyarakat dan situasi kondisi yang terjadi. Tema penelitian berdasarkan beberapa kluster yang sudah dibagi oleh pihak panitia penyelenggara diantaranya Kluster Pendampingan Jurnal Terakreditasi, penelitian kapasitas, penelitian pengembangan program studi, konferensi internasional, Penerbit Buku internasional, Short Course Metodologi Penelitian International, Short Course Sosial Keagamaan Dalam Negeri, Alih media, bantuan Hak Kekayaan Intelektual, dan kluster lainnya. Informasi dari kepanitiaan ada sekitar 800 peserta yang akan terpilih dan mendapatkan bantuan dari Diktis Kemenag RI.

STAI MA’ARIF JAMBI yang dengan delegasi nya Emmi Kholilah Harahap terpilih, Dr. Sumarto tampil dalam kluster Pendampingan Jurnal Terakreditasi yaitu Jurnal Al Ashlah yang sudah terbit dalam dua tahun ini. Harapan pencapaian nya dalam program jurnal terpilih sebagai nominasi, dapat memberikan bantuan untuk kemajuan Jurnal staimaarif-jambi.ac.id sebagai sarana publikasi bagi setiap dosen dan peneliti yang tentunya bermanfaat bagi PTKI, Kementerian Agama dan masyarakat secara umum. Begitu juga dengan semangat dan motivasi civitas akademika STAI MA’ARIF JAMBI semakin baik untuk mengadakan kegiatan riset Transformatif untuk perubahan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *