Silabus Kurikulum KKNI STAI Ma’arif Jambi

LEMBAGA PENJAMIN MUTU AKADEMIK STAI MA’ARIF JAMBI

Alhamdulillahi Rabbil ‘Aalamiin, puji dan syukur penulis haturkan kepada Allah SWT, karena berkat rahmat, dan kekuatan dari-Nya, Tim Penyusun Silabus STAI Ma’arif Jambi berdasarkan Kurikulum KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dapat di selesaikan dengan baik, walaupun masih terdapat kekurangan, insya Allah menjadi kajian perbaikan untuk berikutnya sesuai dengan tantangan dan kebutuhan global. Tidak lupa shalawat serta salam, semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW. dan keluarganya, para sahabatnya, dan para pengikutnya-pengikutnya, semoga kita diakui sebagai ummatnya Nabi Muhammad SAW. dan mendapatkan syafaat-Nya di hari qiyamat. Aamiin.

Selaku Ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM) STAI Ma’arif Jambi mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut berpartisipasi dalam penyusunan Silabus STAI Ma’arif Jambi berdasarkan Kurikulum KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dari pihak pimpinan Yayasan Pendidikan Bintang Sembilan Jambi Dr. H. Rahmat Nasution, M.Ag., Ketua STAI Ma’arif Jambi H. Amran, S.Th.I, M.A, Ph.D., Wakil Ketua I, II, III, Ketua dan Sekretaris Program Studi; Pendidikan Agama Islam, Hukum Ekonomi Syariah, Hukum Keluarga Islam, Pendidikan Islam Anak Usia Dini dan Bimbingan Konseling Pendidikan Islam.

Silabus STAI Ma’arif Jambi berdasarkan Kurikulum KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) yang harus tetap di kaji secara akademis, sesuai dengan tuntutan perkembangan global dan Era Revolusi Industri 4.0, sebagai tanggung jawab akademisi dan Lembaga Penjamin Mutu Akademik menyusun silabus yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) Kementerian Riset dan Tekhnologi serta Standar Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (SPTKI) Kementerian Agama, Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam.

Silabus STAI Ma’arif Jambi berdasarkan Kurikulum KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia), di susun berdasarkan hasil kajian dari Kelompok Dosen Keahlian (KDK) setiap program studi, kemudian di rapatkan dalam Tim Penyusun yang di bentuk oleh Lembaga Penjamin Mutu Akademik STAI Ma’arif Jambi, sehingga Silabus Kurikulum berdasarkan KKNI dapat di sahkan oleh Ketua STAI Ma’arif Jambi. Adapun komposisi penyusunan Silabus STAI Ma’arif Jambi berdasarkan Kurikulum KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia), yaitu:
1. Kemampuan Akhir yang Diharapkan
2. Bahan Kajian
3. Metode Pembelajaran
4. Waktu
5. Pengalaman Belajar Mahasiswa
6. Kriteria dan Indikator Penilaian
7. Bobot Nilai
8. Referensi (sesuai dengan mata kuliah) di tentukan oleh Prodi masing-masing

Demikian yang dapat kami sampaikan selaku Ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM) STAI Ma’arif Jambi, terima kasih atas partisipasi dan kontribusinya. Semoga STAI Ma’arif Jambi lebih baik dan lebih maju kedepannya, dengan kebersamaan dan ide gagasan kita semua seluruh civitas akademika STAI Ma’arif Jambi.

Jambi, April 2019
Ketua LPMA
Dr. Sumarto, M.Pd.I
NIDN. 2124039001

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *