BAN PT, SURVEILEN “BANDING” HASIL AKREDITASI PRODI HES

(9/7/2019) Kegiatan surveilen banding hasil akreditasi prodi HES dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2019, bertempat di Kampus STAI Ma’arif Jambi, dengan Asesor yang melaksanakan kegiatan surveilen, Prof. Dr. Mansyur Ramly (Pernah menjabat sebagai Ketua BAN PT), Dr. Ahmad Yani Anshori (Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Dr. Erida Pane (Dosen UIN Raden Intan Bandar Lampung). Dari STAI Ma’arif Jambi, Ketua Yayasan pendidikan bintang sembilan Jambi Dr. H. Rahmat Nasution, M.Ag, Ketua STAI Ma’arif Jambi H. Amran, Ph.D dan Ketua Prodi HES Syukri Nasution, M.M.

Kegiatan surveilen banding hasil akreditasi prodi HES, sangat di nanti oleh Civitas Akademika STAI Ma’arif Jambi, dengan harapan bisa meningkatkan nilai akreditasi yang sebelumnya C, bisa menjadi B, atau bahkan dengan hasil yang maksimal yaitu dapat meraih nilai A, tetapi yang menjadi fokus utama dari Tim Surveilen Borang Akreditasi HES adalah adanya peningkatan nilai, sehingga bisa mengembangkan prodi HES lebih baik lagi ke depannya, seperti peningkatan jumlah mahasiswa yang mendaftar ke prodi HES, proses perkuliahan yang semakin baik dan berkualitas dengan adanya dosen – dosen yang berkulifikasi serta berkompeten, out put penelitian dan pengabdian masyarakat yang bermanfaat serta prestasi mahasiswa-mahasiswinya.

Peningkatan nilai akreditasi HES adalah langkah untuk kemajuan STAI Ma’arif Jambi sebagai perguruan tinggi yang memiliki banyak peran dan manfaat untuk kemajuan pendidikan di Provinsi Jambi. Dalam proses kegiatan surveilen banding hasil akreditasi prodi HES ada beberapa hal yang menjadi catatan dan pedoman untuk penyampaikan usulan akreditasi dan banding selanjutnya yaitu:

1. Tujuan surveilen adalah untuk menentukan kelayakan Program Studi dan Perguruan Tinggi berdasarkan kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan untuk menjamin mutu Program Studi dan Perguruan Tinggi secara eksternal baik bidang akademik maupun non akademik dalam rangka melindungi kepentingan mahasiswa dan masyarakat.
2. Menjamin prinsip akurasi, objektivitas dan akuntabilitas Untuk menjamin prinsip akurasi, objektivitas dan akuntabilitas, perlu dibuka peluang untuk mengajukan keberatan terhadap hasil penetapan status akreditasi dan peringkat terakreditasi bagi Program Studi dan/atau Perguruan Tinggi.
3. Menjamin konsistensi Program Studi dan/ atau Perguruan Tinggi dalam memenuhi persyaratan status akreditasi dan peringkat terakreditasi selama periode masa akreditasinya masih berlaku sesuai keputusan BAN PT.
4. BAN-PT melakukan proses akreditasi/surveilen sejak tahun 2009 maka jenis surveilen yang dilakukan BAN-PT dikelompokkan:
a. Surveilen banding: Dilakanakan atas keberatan program studi atau perguruan tinggi
b. Surveilen investigasi: Dilaksanakan atas adanya pengaduan atau permintaan pemangku kepentingan
c. Surveilen khusus: Dilaksanakan atas inisiatif Dewan Eksekutif – Prodi atau PT yang dipilih secara sengaja untuk tujuan tertentu – Prodi atau PT yang dipilih secara acak untuk surveilen murni sebagai bagian dari siklus penjaminan mutu.
5. Untuk prodi HES STAI Ma’arif Jambi, di adakan surveilen banding, yaitu Dilakanakan atas keberatan program studi, yang sebelumnya nilai akreditasi C, kemudian mengajukan banding untuk peningkatan nilai akreditasi dengan bukti data/dokumen yang bisa meningkatkan nilai akreditasi, melalui dari beberapa standar yang sudah ditetapkan oleh BAN PT, seperti penelitian, publikasi ilmiah, pengabdian masyarakat, penerapan kurikulum, prestasi mahasiswa, ketepatan penyelesaian studi, jumlah mahasiswa, dan lain sebagainya.

(catatan dari Ketua LPM STAI Ma’arif Jambi)

Dokumen Kegiatan surveilen banding hasil akreditasi prodi HES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *